-
Apa sih Sensori integrasi Itu ?
Mengapa Sensori integrasi penting ?
Apa yang terjadi apa bila perkembangan sensori integrasi terganggu ?
Apa hubungan Sensori integrasi dengan anak gangguan pendengaran ?
Apa yang dapat dilakukan seorang OKUPASI TERAPIS ?
Apa sih Sensori Integrasi itu ?
Sensori Integrasi adalah salah satu metode terapi yang digunakan oleh OKUPASI TERAPIS dalam menangani gangguan proses sensori yang mengakibatkan terjadinya gangguan perkembangan normal dan prilaku
Di temukan oleh seorang Okupasi Terapis yang bernama A. Jean Ayres
SI diartikan ?
Proses neurogikal tentang pengolahan informasi/sensasi dari dalam tubuh dan lingkungan,yang diintegrasikan dalam otak kemudian informasi sensori yang diperoleh digunakan untuk merencanakan dan mengorganisasi perilaku yang tepat pada fase perkembangan anak
Mengapa Sensori Integrasi itu penting ?
Belajar: Sensasi
Proses/diorganisasi
Otak
Respon adaptif
Sensasi Berasal dari ?
Indera Proksimal (dekat) ?
Indera Distal (jauh) Panca indera
Tactile/peraba
Visual/penglihatan
Auditory/pendengaran
Gustatory/pengecap
Olfaktory/penghidu
Indra proximal (dekat)
Indera yang meresponi apa yang terjadi didalam tubuh kita tidak menyadari,tidak dapat mengontrol,tidak dapat mengamatinya secara langsung
Contoh : sistem yang mengontrol detak jantung, waktu lapar, waktu haus,suhu tubuh,pencernaan,waktu tidur,perasaan
Tiga indera dekat yang sangat penting !!!!!!!!
Indera Taktil
Indera Vestibular
Indera proprioseptif
Ketiga indra tersebut bersifat fundamental/dasar berkembangnya seorang anak sehat.ketika indera tersebut berfungsi otomatis dan efisien seorang anak akan memiliki mata dan telinga serta perhatian yang baik terhadap dunia sekitar
Sistem Taktil
Reseptornya terdapat pada kulit diseluruh bagian tubuh rasa raba yang berupa getaran, gerak, suhu, nyeri, tekanan
akan diperlukan dalam persepsi visiual, motor planning, body awarness, proses pembelajaran akademis, emosional security, dan sosial
Fungsi taktil untuk protektif dan diskriminatif
Sistem taktil berfungsi Protektif
Kita bisa membedakan sentuhan jari anak-anak atau laba-laba
Kita bisa membedakan tajam
Benda-benda panas
Dll
Sistem taktil berfungsi Diskriminatif
Misalnya dikegelapan kita akan meraba menemukan senter yang terletak di dalam laci
Dengan mata tertutup kita bisa menyebutkan benda yang disentuh
Dll
Sistem Vestibular
Reseptor pada telinga bagian dalam
Terangsang oleh gerakan dan grafitasi
Memberi informasi tentang gerakan, grafitasi,perubahan posisi kepala, dan posisi tubuh dan permukaan bumi
Mempunyai peran fundamental dalam modulasi sistem sensori yang lain dan membantu proses inhibisi dan fasilitasi
Erat hubungannya dengan sitem auditori dan visual
Sistem vestibular bekerja sama dengan sistem taktil untuk perlindungan terhadap rangsang dari luar contoh : saat akan jatuh
Reflek mempertahankan keseimbangan
Vestibular mempengaruhi : Gerakan dan keseimbangan, tonus otot, koordinasi bilateral, proses auditory language, proses visuospatial , dan motor planning
Sistem proprioseptif
Reseptornya pada otot, sendi dan tendon yang membuat seseorang sadar posisi bagian tubuhnya dengan bagian yang lain, dan posisinya terhadap lingkungan
Mendukung pada sensori taktil dan pengalaman gerak
Mendukung pada perkembangan body sheme anak, dimana hal ini adalah kunci dari motor planning anak tersebut
Proses/diorganisasi
Memproses sensasi yang diterima kemudian diteruskan ke bagian otak tertentu untuk diolah atau di organisasi
OTAK
Tugas utama dari sistem saraf pusat adalah mengintegrasikan indra-indra, Lebih dari 80% dari sistem saraf memproses atau mengatur pesan-pesan sensorik sehingga otak disebut mesin proses sensorik
FUNGSI BAGIAN OTAK
Frontalis
Dibalik tulang kening
Pusat kecerdasan
Perencanaan
Kontrol gerak
Kemampuan untuk berkonsentrasi dan beratensi
Personality dan emosional
Bahasa (motor speech)
Parientalis
Di bawah ubun-ubun
Pusat pemrosesan input sensori
Membedakan input sensori
Orientasi tubuh
Pusat Motorik
Temporalis
Dibalik tulang pelipis
Pusat pendengaran
Ekspresi prilsku
Bahasa (Penerimaan bahasa)
Memory (informasi Retriveal)
Occipitalis
Dikepala bagian belakang
Pusat penerimaan penglihatan
Mempersepsikan penglihatan
Pusat penglihatan + telinga bagian tengah
Apa yang terjadi apabila proses sensori integrasi
terganggu ?
Gangguan sensori terjadi karena otak tidak mampu untuk mengolah atau memroses sensasi-sensasi/ input sensori secara efisien hal ini tidak berarti otak mengalami kerusakan, tetapi lebih tepat dikatakan terjadi “gangguan otak” atau “ kemacetan otak”
Apabila SI terganggu maka akan terjadi !
Input sensorik tidak efisien
Disorganisasi Neurologis
Output motorik, bahasa dan emosi tidak efisien
Apa hubungan Sensori integrasi dengan anak
gangguan pendengaran ?
Terganggunya proses suara ke otak
Terganggunya Vestibular Reseptornya terletak pada telinga bagian tengah
Secara otomatis terjadi gangguan pada perkembangan normal dan prilaku
Fakta anak dengan gangguan dengar :
Menurut(Kranowitz, 1998) bahwa penggunaan dan koordinasi informasi sensori yang diterima di otak dari berbagai alat indra mempengaruhi proses belajar si anak. Integrasi sensori dari pendengaran, penglihatan dan perabaan sangat penting dalam pembelajaran anak
Menurut (Daniel, 1988) Banyak anak dengan gangguan pendengaran mengalami gangguan proses sensori dan fungsi integrasi yang menyebabkan terjadinya
gangguan perilaku,
gangguan perkembangan pada motorik kasar dan halus,
Prilaku self-stimulating,
Kurangnya kontak mata,
Kurangnya interaksi sosial,
Gangguan pada aktifitas makan
Masalah Tidur
Bicara pelan atau salah pengucapan
Gangguan bahasa
Gangguan belajar
Masalah akademik
Menurut(Kranowitz, 1998) Banyak anak dengan gangguan mendengar memperlihatkan Gangguan proses sensori termasuk Over sensitif terhadap sentuhan / under sensitif terhadap sentuhan,penglihatan, gerakan,penciuman dan pengecap yang disebakan terganggunya sensori integrasi !
Apabila SI terganggu maka akan terjadi !
Input sensorik tidak efisien
Disorganisasi Neurologis
Output motorik, bahasa dan emosi tidak efisien
Input sensorik tidak efisien
Ketika otak kita menerima terlalu sedikit atau terlalu banyak informasi sensori sehingga kita tidak dapat bereaksi dengan cara yang tepat dan adaptif
Penerimaan informasi terlalu banyak (hipersensitif/hiperesponsif)
Menghindari stimulasi sensori
Penerimaan informasi terlalu sedikit (hiposensitif/hiporesponsif)
Mencari stimulasi yang berlebihan
Disorganisasi Neurologis
Otak kita mungkin tidak menerima data sensorik karena ada sesuatu yang tidak nyambung
Otak kita mungkin menerima pesan-pesan sensorik namun tidak konsisten
Otak kita mungkin menerima psesan-pesan sensorik secara konsisten tetapi tidak tersambung secara benar
Output motorik, bahasa dan emosi tidak efisien
Otak tidak efisien dalam memproses pesan-pesan sensorik sehingga umpan balik/repon yang diberikan tidak sesuai/tidak tepat
Apa yang dapat dilakukan seorang OKUPASI
TERAPIS ?
OKUPASI TERAPIS menggunakan metode pendekatan sensori integrasi untuk mengkaji permasalahan, menentukan program
Membantu anak untuk mengorganisasi informasi sensori yang masuk ke otak melalui semua indera
Meningkatkan kemampuan anak untuk belajar prilaku, motorik, bicara/bahasa dan informasi akademik
Dengan terapi yang tepat diharapkan akan meningkatkan perkembangan proses sensori dan integrasi anak sehingga memudahkan anak untuk belajar sesui dengan perkembangan normal dan prilaku yang adaptif
Oleh:Rudolf Noortyanto, Amd.OT(Okupasi Terapis Rs Pantai Indah Kapuk)
Menurut Ikatan Okupasi Terapi Indonesia, 1994, Okupasi Terapi adalah: suatu profesi kesehatan yang membantu menolong individu dengan kelainan atau kecacatan fisik dan atau mental, baik yang bersifat sementara atau menetap, dengan suatu aktifitas terprogram, untuk membantu pemulihan fungsional fisik, mental dan sosial secara optimal pada area produktifitas, aktivitas sehari-hari, perawatan diri dan aktifitas yang bersifat rekreasi.
SENSORI INTEGRASI
Langganan:
Postingan (Atom)