SENSORI INTEGRASI


    • Apa sih Sensori integrasi Itu ?

    • Mengapa Sensori integrasi penting ?

    • Apa yang terjadi apa bila perkembangan sensori integrasi terganggu ?

    • Apa hubungan Sensori integrasi dengan anak gangguan pendengaran ?

    • Apa yang dapat dilakukan seorang OKUPASI TERAPIS ?


    Apa sih Sensori Integrasi itu ?

    Sensori Integrasi adalah salah satu metode terapi yang digunakan oleh OKUPASI TERAPIS dalam menangani gangguan proses sensori yang mengakibatkan terjadinya gangguan perkembangan normal dan prilaku

    Di temukan oleh seorang Okupasi Terapis yang bernama A. Jean Ayres


    SI diartikan ?

     Proses neurogikal tentang pengolahan informasi/sensasi dari dalam tubuh dan lingkungan,yang diintegrasikan dalam otak kemudian informasi sensori yang diperoleh digunakan untuk merencanakan dan mengorganisasi perilaku yang tepat pada fase perkembangan anak

     

    Mengapa Sensori Integrasi itu penting ?



    Belajar:              Sensasi  


        



                      Proses/diorganisasi




     



                             Otak




     

     


                        Respon adaptif

    Sensasi Berasal dari ?


     Indera Proksimal (dekat) ?

       Indera Distal (jauh)              Panca indera

    Tactile/peraba

    Visual/penglihatan

    Auditory/pendengaran

     Gustatory/pengecap

    Olfaktory/penghidu

     

    Indra proximal (dekat)


    • Indera yang meresponi apa yang terjadi didalam tubuh                  kita tidak menyadari,tidak dapat mengontrol,tidak dapat mengamatinya secara langsung

    • Contoh : sistem yang mengontrol detak jantung, waktu lapar, waktu haus,suhu tubuh,pencernaan,waktu tidur,perasaan



    Tiga indera dekat yang sangat penting !!!!!!!!


     Indera Taktil

    Indera Vestibular

    Indera proprioseptif

    Ketiga indra tersebut bersifat fundamental/dasar berkembangnya seorang anak sehat.ketika indera tersebut berfungsi otomatis dan efisien seorang anak akan memiliki mata dan telinga serta perhatian yang baik terhadap dunia sekitar


    Sistem Taktil


    Reseptornya terdapat pada kulit diseluruh bagian tubuh                 rasa raba yang berupa getaran, gerak, suhu, nyeri, tekanan

                        akan diperlukan dalam persepsi visiual, motor planning, body awarness, proses pembelajaran akademis, emosional security, dan sosial

    Fungsi taktil untuk protektif dan diskriminatif

     

    Sistem taktil berfungsi Protektif


    Kita bisa membedakan sentuhan jari anak-anak atau laba-laba

    Kita bisa membedakan tajam

    Benda-benda panas 

    Dll


    Sistem taktil berfungsi Diskriminatif


     Misalnya dikegelapan kita akan meraba menemukan senter yang terletak di dalam laci

     Dengan mata tertutup kita bisa menyebutkan benda yang disentuh 

      Dll

     

     

    Sistem Vestibular


    Reseptor pada telinga bagian dalam

     Terangsang oleh gerakan dan grafitasi

     Memberi informasi tentang gerakan, grafitasi,perubahan posisi kepala, dan posisi tubuh dan permukaan bumi

      Mempunyai peran fundamental dalam modulasi sistem sensori yang lain dan membantu proses inhibisi dan fasilitasi

     Erat hubungannya dengan sitem auditori dan visual

    Sistem vestibular bekerja sama dengan sistem taktil untuk perlindungan terhadap rangsang dari luar contoh : saat akan jatuh

                      Reflek mempertahankan keseimbangan

     Vestibular mempengaruhi : Gerakan dan keseimbangan, tonus otot, koordinasi bilateral, proses auditory language, proses visuospatial , dan motor planning


    Sistem proprioseptif


    Reseptornya pada otot, sendi dan tendon yang membuat seseorang sadar posisi bagian tubuhnya dengan bagian yang lain, dan posisinya terhadap lingkungan

    Mendukung pada sensori taktil dan pengalaman gerak

    Mendukung pada perkembangan body sheme anak, dimana hal ini adalah kunci dari motor planning anak tersebut

    Proses/diorganisasi


    Memproses sensasi yang diterima kemudian diteruskan ke bagian otak tertentu untuk diolah atau di organisasi

     

    OTAK

    Tugas utama dari sistem saraf pusat adalah mengintegrasikan indra-indra, Lebih dari 80% dari sistem saraf memproses atau mengatur pesan-pesan sensorik            sehingga otak disebut mesin proses sensorik

     

    FUNGSI BAGIAN OTAK


    Frontalis


    Dibalik tulang kening

     Pusat kecerdasan

    Perencanaan

    Kontrol gerak 

    Kemampuan untuk berkonsentrasi dan beratensi

    Personality dan emosional

    Bahasa (motor speech)


    Parientalis

     Di bawah ubun-ubun

    Pusat pemrosesan input sensori 

    Membedakan input sensori

    Orientasi tubuh

    Pusat Motorik

     



    Temporalis




     

     Dibalik tulang pelipis

    Pusat pendengaran

    Ekspresi prilsku 

    Bahasa (Penerimaan bahasa)

     Memory (informasi Retriveal)



    Occipitalis

    Dikepala bagian belakang

    Pusat penerimaan penglihatan

    Mempersepsikan penglihatan

    Pusat penglihatan + telinga bagian tengah




    Apa yang terjadi apabila proses sensori integrasi 

    terganggu ?


    Gangguan sensori terjadi karena otak tidak mampu untuk mengolah atau memroses sensasi-sensasi/ input sensori secara efisien hal ini tidak berarti otak mengalami kerusakan, tetapi lebih tepat dikatakan terjadi “gangguan otak” atau “ kemacetan otak


    Apabila SI terganggu maka akan terjadi !


    Input sensorik tidak efisien

    Disorganisasi Neurologis

    Output motorik, bahasa dan emosi tidak efisien



    Apa hubungan Sensori integrasi dengan anak 

    gangguan pendengaran ?


     Terganggunya proses suara ke otak

    Terganggunya Vestibular             Reseptornya terletak pada telinga bagian tengah

    Secara otomatis terjadi gangguan pada perkembangan normal dan prilaku



    Fakta anak dengan gangguan dengar :


    Menurut(Kranowitz, 1998) bahwa penggunaan dan koordinasi informasi sensori yang diterima di otak dari berbagai alat indra mempengaruhi proses belajar si anak. Integrasi sensori dari pendengaran, penglihatan dan perabaan sangat penting dalam pembelajaran anak

     

    Menurut (Daniel, 1988) Banyak anak dengan gangguan pendengaran mengalami gangguan proses sensori dan fungsi integrasi yang menyebabkan terjadinya

    gangguan perilaku,

    gangguan perkembangan pada motorik kasar dan halus,

     Prilaku self-stimulating,

     Kurangnya kontak mata,

     Kurangnya interaksi sosial,

    Gangguan pada aktifitas makan

     Masalah Tidur

    Bicara pelan atau salah pengucapan

    Gangguan bahasa

    Gangguan belajar

    Masalah akademik


    Menurut(Kranowitz, 1998) Banyak anak dengan gangguan mendengar memperlihatkan Gangguan proses sensori termasuk Over sensitif terhadap sentuhan / under sensitif terhadap sentuhan,penglihatan, gerakan,penciuman dan pengecap yang disebakan terganggunya sensori integrasi !

     


    Apabila SI terganggu maka akan terjadi !


    Input sensorik tidak efisien

     Disorganisasi Neurologis

    Output motorik, bahasa dan emosi tidak efisien

     

    Input sensorik tidak efisien


    Ketika otak kita menerima terlalu sedikit atau terlalu banyak informasi sensori sehingga kita tidak dapat bereaksi dengan cara yang tepat dan adaptif

    Penerimaan informasi terlalu banyak (hipersensitif/hiperesponsif)

                   Menghindari stimulasi sensori

    Penerimaan informasi terlalu sedikit (hiposensitif/hiporesponsif)

             Mencari stimulasi yang berlebihan


    Disorganisasi Neurologis


    Otak kita mungkin tidak menerima data sensorik karena ada sesuatu yang tidak nyambung

    Otak kita mungkin menerima pesan-pesan sensorik namun tidak konsisten

     Otak kita mungkin menerima psesan-pesan sensorik secara konsisten tetapi tidak tersambung secara benar



    Output motorik, bahasa dan emosi tidak efisien


    Otak tidak efisien dalam memproses pesan-pesan sensorik sehingga umpan balik/repon yang diberikan tidak sesuai/tidak tepat

    Apa yang dapat dilakukan seorang OKUPASI 

    TERAPIS ?

    OKUPASI TERAPIS menggunakan metode pendekatan sensori integrasi untuk mengkaji permasalahan, menentukan program

     Membantu anak untuk mengorganisasi informasi sensori yang masuk ke otak melalui semua indera

    Meningkatkan kemampuan anak untuk belajar prilaku, motorik, bicara/bahasa dan informasi akademik

    Dengan terapi yang tepat diharapkan akan meningkatkan perkembangan proses sensori dan integrasi anak sehingga memudahkan anak untuk belajar sesui dengan perkembangan normal dan prilaku yang adaptif

     






     

    Oleh:
    Rudolf Noortyanto, Amd.OT
       (Okupasi Terapis Rs Pantai Indah Kapuk)